Jenis-Jenis Yang Berkenaan Dengan Fasilitas Negara

Fasilitas Negara, meliputi :

a. Sarana mobilitas, seperti kendaraan dinas meliputi kendaraan dinas Pejabat negara dan kendaraan dinas pegawai, serta alat transportasi dinas lainnya. (Ps. 21 ayat (2) huruf a PP No. 14 tahun 2009).

b. Transpotasi dinas lainnya : Pesawat udara, Kapal laut dan speed boat. (Penjelasan Pasal 21 ayat (2) huruf a PP No. 14 tahun 2009).

c. Gedung kantor, Rumah dinas, Rumah Jabatan milik Pemerintah, milik pemerintah provinsi, milik pemerintah kab/kota. Kecuali daerah terpencil yang pelaksanaannya harus dilakukan dengan memperhatikan prinsip keadilan. (Ps. 21 ayat (2) huruf b PP No. 14 tahun 2009).

d. Fasilitas Negara khususnya di daerah terpencil diperbolehkan penggunaannya oleh Pejabat Negara sepanjang fasilitas sejenisnya yang layak tidak tersedia untuk disewa selain fasilitas pemerintah yang ada. (Penjelasan Ps. 21 ayat (2) huruf b PP No. 14 tahun 2009).

e. Sarana perkantoran, radio daerah dan sandi/telekomunikasi milik pemerintah daerah Provinsi/kabupaten/Kota, dan Peralatan lainnya, serta bahan-bahan. (Ps. 21 ayat (2) huruf c PP No. 14 tahun 2009).

f. Yang dimaksud dengan peralatan lainnya dan bahan-bahan adalah mesin faksimili, mesin fotokopi, kertas, kamera, LCD/Infocus, komputer dan lain-lain. (Ps. 21 ayat (2) huruf c PP No. 14 tahun 2009).

Fasilitas yang terkait dengan Jabatan meliputi :

a. Dana yang bersumber dari keuangan negara baik secara langsung maupun tidak secara langsung. (Ps. 21 ayat (1) huruf c PP No. 14 tahun 2009).

b. Personalia (Ps. 21 ayat (1) huruf b PP No. 14 tahun 2009).

c. Inventaris/Peralatan (Ps. 21 ayat (2) huruf c PP No. 14 tahun 2009).

d. Sumber daya Negara Lainnya seperti fasilitas yang dimiliki oleh BUMN/BUMD (Ps. 21 ayat (1) huruf d).

e. Otoritas/Keputusan Pejabat (Ps. 21 ayat (1) huruf b PP No. 14 tahun 2009) Tidak akan seorang pejabat negara mampu memobilisasi aparat bawhannya untuk kepentingan kampanye tanpa ada keputusan yang berupa perintah kepada bawahannya.

Fasilitas umum yang bisa dipakai untuk kepentingan kampanye (Ps. 13 ayat (5) huruf b Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2008)

a. Lapangan

b. Stadion

c. Alun-alun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: